Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KOPI DAN CERITA SELANJUTNYA YANG DAPAT KITA TERKA

Di Afrika sekitar abad 10 kita mengenal sejarah kopi dari kambing² yang digembalakan seorang pemuda bernama Kaldi. Kambing² ini memakan buah seperti ceri yang tumbuh liar kemudian terlihat lebih bersemangat dari biasanya. Buah ini kemudian dikenal dengan sebutan kopi. 

 

Di belahan negeri lain, bernama Mokha, ini terletak di Yaman, tanaman kopi mulai dibudidayakan dan dikonsumsi dengan cara diseduh terlebih dahulu.
Cerita ini bermula ketika Seorang ulama sufi meletakkan panci berisi air di atas api masaknya. Ia lalu merebus benih buah tertentu yang tumbuh liar di perbukitan. Airnya berubah menjadi coklat keruh. Ketika dia meminum minuman ini, tenaganya terdongkrak. Semangatnya menyala. Indranya semakin peka. Selanjutnya minuman ini membantunya untuk berdoa, belajar, dan mengajar sepanjang malam.
Lalu ia berbagi penemuan tersebut dengan saudara-saudaranya, dan tak lama kemudian, minuman ini menjadi berharga di antara orang-orang Yaman. Kopi mulai dibudidayakan di teras gunung dan lembah, dan dibagikan kepada para peziarah dan pedagang yang mengunjungi negara itu.
Unta-unta membawa Kopi dari dataran tinggi Yaman menuju negeri-negeri yang jauh. Hingga kemudian, sekitar 150 tahunan, mulai abad ke-16, Yaman adalah pemasok kopi eksklusif ke seluruh dunia. Semua kopi dikirim ke luar wilayah melalui Pelabuhan Mokha, di Laut Merah.
Tapi cerita kopi di negeri Yaman tak selamanya menawan. Seorang Belanda, yang bekerja untuk Verrenigde Oost Indische Compagnie, Perusahaan Hindia Timur Belanda, bernama Pieter van den Broecke, berhasil mencuri tanaman kopi dari perkebunan Mokha, Yaman
Tanaman kopi tersebut kemudian dibawa ke Amsterdam. Namun, iklim di Belanda tidak cocok untuk budidaya kopi skala besar. Pada tahun 1696, VOC berhasil mengirimkan tanaman kopi hidup pertamanya ke Batavia. Sepuluh tahun kemudian, VOC membawa biji kopi dari Batavia ke Amsterdam. Tanaman dan biji kopi kecil juga ditanam di Hortus, salah satu kebun raya tertua di Eropa.
Cerita selanjutnya sudah dapat kita terka, Kopi menjadi produk premium di Eropa yang ditanam secara paksa di tanah Jawa dan daerah lainnya di nusantara.

 

1 komentar untuk "KOPI DAN CERITA SELANJUTNYA YANG DAPAT KITA TERKA"

  1. Besides the stellar real cash slots repertoire powered by over 10 providers, you may also|you can even} take pleasure in all of the basic desk games and 바카라사이트 some stay blackjack and roulette games. This mythological recreation wins gamers' hearts time after time for good causes. With 30 paylines, 5 reels, and endless moments of enjoyable, you’ll take pleasure in every minute spinning free slots online with the traditional Gods. Features like The Hot Hot Super Respin make this basic slot machine as real and thrilling as the unique WMS recreation found within the world’s biggest casinos.

    BalasHapus