Minggu, 14 Juli 2019

Belajar Sejarah

Oleh: Pay Jarot Sujarwo

Sewaktu SMA, saya tidak suka dengan pelajaran sejarah. Saya pikir banyak orang bernasib sama dengan saya. Waktu itu  (1996-1999), pelajaran sejarah menjadi sesuatu yang membosankan.

Akibatnya, sering bolos, ulangan sering nyontek, sukur-sukur naik kelas.

waktu merambat. 2008 saya memulai perjalanan. bertemu orang-orang asing. bertukar informasi penting. What the ,,,, informasi penting? banyak sekali yang saya dengar, sedikit yang bisa saya cerna.

Orang-orang ini, para traveler ini cerita kelicikan Amerika, cerita tempat indah di Sulawesi, cerita bekas-bekas bangunan di Athena, cerita perlawanan para vegan, cerita renaissance, cerita kebebasan, cerita macam-macam. Apa yang terjadi saudara pemirsa? Interaksi dengan para pengembara ini membuat saya sering melongo. Tak tau apa-apa.

Kau tau Polpot, teman? Mungkin ada di antara kalian yang belum pernah mendengar nama Polpot? Waktu dulu, juga tak pernah saya dengar.

2010, saya pelaku traveling. Sampai di Bulgaria, bertemu masjid Banya Bashi, satu-satunya masjid di Kota Sofia yang masih berfungsi sebagai tempat ibadah. Kenapa Masjid itu ada di situ? Padahal kan Bulgaria bukan negara muslim? kenapa bangunannya berbeda? bagaimana ceritanya? Saya tak tau.

Di belakang gedung presiden Bulgaria, ada reruntuhan bangunan kerajaan Roma. Ini kenapa begini? bagaimana ceritanya? Saya tak tau.


Terus saya dihadapkan dengan fakta-fakta yang membuat rasa penasaran muncul. Tak hanya memotret, tapi ingin tau cerita apa di balik potret itu. Hingga akhirnya saya menemukan benang merah peradaban ini. Luar biasa. pelan-pelan saya baca buku sejarah. pelan-pelan  mulai nimbrung saat orang-orang berdiskusi sejarah. pelan pelan  mulai download video video sejarah. Amazing. ini tak sekadar pengetahuan. tapi ternyata, sejarah adalah salah satu jembatan bagi kita untuk menjemput masa depan.

Kawan, kalau kau ingin ngobrol perkara ini di warung kopi, jangan segan. kontak saja. kalau kau mau nonton video berikut ini juga jangan segan, subscribe, like, komen dan share.

https://www.youtube.com/watch?v=RA8OdKGwHnEhttps://www.youtube.com/watch?v=RA8OdKGwHnE

2 komentar:

  1. alhamdulillah Allah subhana wa ta'ala memberikan inspirasi JASMERAH sehingga bisa membuka lembaran-lembaran berdebu yang selama ini mungkin menumpuk berdebu disudut lemari untuk dibaca. sejarah jejak peninggalan hidup di masa lalu yang bercerita banyak hal tentang pemikiran pribadi sang penulis. apabila penulis mempunyai pemikiran yang shohih in sya Alloh tulisannya bermanfaat dunia akhirat.

    BalasHapus